Atasi Kelangkaan, Kadin Kalbar Siapkan Pengiriman Oksigen dari Malaysia

Lepas. com – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalimantan Barat dan Kadin Sarawak menyiapkan pengiriman oksigen sebab Malaysia untuk mengatasi kelangkaan oksigen di Kalbar.

“Kami telah mengontak langsung Kadin Sarawak, & mereka bersedia untuk menyuplai oksigen ke Kalbar, ” kata Ketua Kadin Kalbar, Joni Isnaini dalam tanda tertulisnya di Pontianak, Rabu (21/7) seperti dilansir Jarang.

Dia menjelaskan, ini merupakan usaha dari Kadin Kalbar untuk membantu pemerintah provinsi dalam menanggulangi masalah Covid-19 di Kalbar, salah satunya mengatasi kelangkaan oksigen.

“Langkah ini kami ambil sebab pertimbangan letak geografis jarang Kalbar dan Sarawak dengan terhubung langsung daratannya, ” ujarnya.

Untuk teknisnya, lebih lanjut, Joni menjelaskan tentang pengiriman dengan akan dilakukan. Rencananya pihaknya akan mengirim mobil untuk memindahkan muatan oksigen dalam Landport Tebedu.

“Untuk merealisasikan itu, tentunya kami meminta dukungan sempurna dari Pemerintah Propinsi Kalbar. Saya berharap Gubernur Kalbar dapat berkoordinasi langsung dengan Ketua Menteri Sarawak dan KJRI di Kuching, ” katanya.

Selain itu, Kadin Kalbar pula berharap dukungan dari jawatan terkait seperti Bea Cukai dan pihak Kepolisian .

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan untuk menyalahi keterbatasan dan ketersediaan oksigen di daerah, khususnya untuk kebutuhan rumah sakit, pihaknya sedang mengupayakan mendapatkan pasokan dari Batam, Kepri serta Sarawak, Malaysia.

“Oksigen memang terbatas, dibanding lima pemasok hanya dua yang bisa didatangkan daripada Jakarta , kami sudah upayakan dibanding Batam dan sedang lobi dengan Sarawak, ” katanya. [bal]