Baju Adat Presiden Jokowi masa Pidato Kenegaraan Sejak 2017

Merdeka. com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) akan mengirimkan pidato kenegaraan dalam wasit tahunan MPR/DPR/DPD jelang HUT Kemerdekaan RI, Senin (16/8) hari ini. Rencananya mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut berpidato dua kali yakni dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Konvensi Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021. Pidato ini akan disampaikan Jokowi di dalam pukul 08. 30 WIB.

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan pidato dalam kerangka Penyampaikan RUU APBN Tahun Anggaran 2022 disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada pukul 10. 30 WIB.

Tidak hanya berpidato, penampilan mantan Wali Kota Solo itu pun selalu jadi pancaran. Sejak 2017, dia menggunakan baju adat. Walaupun dalam 2018 Jokowi dan Pengantara Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla hanya menggunakan busana formil yaitu setelan jas dan peci.

Pada 2017 saat menyampaikan pidato kenegaraan di DPR, Jokowi menggunakan busana adat Bugis lengkap secara songkok warna emas yang disebut songkok Ta Bone (songkok orang Bone). Tidak hanya itu JK di dalam saat itu juga memakai pakaian adat Jawa. Penuh dengan blangkon.

mpr di gedung nusantara

©Setpres RI

Lalu pada 2018, Jokowi tidak mengenakan pakaian adat, tetapi hanya berbusama formal dengan stelan jas biru, dasi merah. Cocok seperti Jokowi, JK pun hanya mengenakan jas hitam.

mpr

©Liputan6. com/Johan Tallo

Kemudian pada 2019, Jokowi kembali mengenakan baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat, berwarna emas lengkap dengan penutup kepala dan keris. Sedangkan JK mengenakan baju adat Bugis.

jokowi sampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan mpr

©Liputan6. com/Johan Tallo

Selanjutnya di dalam 2020, Jokowi mengenakan baju adat Sabu asal Nusa Tenggara Timur. Pakaian kebiasaan ini berwarna corak aurum yang terdapat pada topi, kain tenun menyilang pada dada, sarung dan gesper. Sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya mengenakan jas hitam.

jokowi saat hadiri sidang tahunan mpr ri

©2020 Muchlis Jr/Biro Pers Tata usaha Presiden [ded]