Datangi Gereja Katedral Jakarta, Kapolri Cek Pengamanan Minggu Paskah

Merdeka.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pengamanan pada proses Minggu Paskah agar Umat Kristiani dapat beribadah dengan tenang. Hal itu disampaikan ketika meninjau proses pengamanan di dua gereja yakni Katedral Jakarta dan Gereja Santa Jakarta Selatan.

“Kita memantau proses pelaksanaan pengamanan,” kata Kapolri saat memberikan sambutan, di Gereja Katedral, Jakarta, Sabtu malam (3/4).

Dalam sambutannya di hadapan jemaat Gereja Katedral Jakarta, Sigit menekankan, rangkai Pekan Suci Paskah 2021 berjalan dengan baik dan diharapkan tak terpengaruh dengan insiden di Makassar.

“Oleh karena itu, kewajiban kami memberikan jaminan kepada seluruh umat Katolik dan Kristiani yang akan melaksanakan rangkaian ibadah. Silakan melaksanakan ibadah dengan tenang dan lancar,” ujarnya.

Kapolri menerangkan bahwa TNI-Polri siap mengamankan sampai seluruh kegiatan rangkaian ibadah selesai. Sejauh ini, menurut dia seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, dan aman.

“Kita semua berdoa seluruh rangkaian ini sampai dengan besok bisa berjalan sesuai rencana, dan seluruh umat Katolik dan Kristiani melaksanakan ibadah dengan baik. Kami dari TNI-Polri betul-betul bisa menjaga ketenangan tersebut,” tandas dia.

Selain itu, Sigit menjelaskan kalau kunjungannya ke Gereja Katedral merupakan bagian dari pemantauan secara langsung kegiatan misa di beberapa wilayah. Selain di Jakarta, dia akan menyambangi gereja-gereja di Sulawesi Utara dan NTT.

“Kami sendiri mulai hari Kamis kemarin memantau secara langsung kegiatan misa di beberapa wilayah di Sulawesi Utara karena memang penduduk non muslim yang besar salah satunya Sulawesi Utara. Kami juga meninjau ke NTT untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan misa mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah, seluruhnya berjalan baik,” ujar dia. [bal]