Didampingi Menteri PUPR dan Gibran, Puan Maharani Tinjau Pembagunan Pasar Legi Solo

Merdeka. com – Ketua DPR RI Hawa Maharani melakukan kunjungan ke Pasar Legi Solo, Sabtu (12/6). Puan didampingi Gajah PUPR Basuki Hadimuljono, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan sejumlah pemimpin PDIP . Mereka melihat langsung pembangunan kembali pasar induk dengan terbakar akhir 2018 lalu.

Selain sejak pimpinan proyek, Puan serupa mendapatkan penjelasan dari Gibran terkait progres pembangunan yang sudah mencapai 55 persen itu. Dari pimpinan proyek, dijelaskan bahwa pasar itu dibangun 2 lantai secara 4 blok, A, B, C dan D, dengan menampung sekitar 2. 000 pedagang.

“Pasar ini mulai dibangun 6 November 2020 secara multiyears kontrak, Insya Allah diselesaikan selama 390 hari ataupun 30 November 2021. Progres sampai dengan hari tersebut 51 persen. Ada kira-kira 300 kios dan 128 los ditambah pelataran yang mampu menampung sekitar 200 pedagang, ” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Gibran juga menjelaskan perihal pasar darurat dan pata pedagang.

“Izin mbak, untuk pasar penting ada di sepanjang hidup dan belakang masjid ini, ” ucap Gibran.

“Pakai apa, tenda-tenda? ” sahut Puan.

Gibran pun lalu menjelaskan secara rinci terpaut pembuatan pasar darurat. Ia juga menyampaikan ke Hawa, jika seluruh pedagang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

“Jadi rencananya pustaka para pedagang akan dipindahin ke pasar yang perdana? ” sambung Puan.

“Kita tunggu siap dan serah terima mbak, ” kata Gibran

Usai mendapat penjelasan Puan dan rombongan meninjau kios di lantai 2 pasar.

Pada wartawan Ketua DPP PDIP itu mengatakan, kedatangannya ke Solo bersama rombongan buat melihat secara langsung progres pembangunan Pasar Legi. Sesuai laporan yang diterimanya, pendirian pasar akan selesai di bulan Oktober atau suntuk November. Kemudian akan beri terima dan para distributor bisa kembali.

“Ini pasar yang terbesar di Surakarta, bisa menampung 2. 000 pedagang. Saya menanyakan apakah protokol kesehatan tubuh akan dijalankan, dan mau dijalankan. Karena untuk mengantisipasi pedagang dari daerah asing Surakarta ini penting, ” katanya lagi.

Seusai meninjau pembangunan Rekan Legi, Puan juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pendapi Gede, Balai Kota Tunggal. Putri Megawati Soekarnoputri tersebut juga menyerahkan bantuan buat masyarakat dan pendukung pertanian.

Pada anjangsana kerja di Solo, Puan akan didampingi Ketua serta Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Utut Adianto dan Bambang Wuryanto, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris dan Wakil Ketua Upah XI DPR RI Dolfie O. F. P. [bal]