Dokter Positif Covid-19, Puskesmas di Kapuas Hulu Ditutup Sementara

Merdeka.com – Puskesmas Kecamatan Bika di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, ditutup sementara setelah seorang dokter yang bertugas di puskesmas tersebut dikonfirmasi tertular Covid-19.

“Untuk sementara Puskesmas Bika ditutup terhitung sejak 31 Oktober hingga 3 November 2020, pelayanan kesehatan dialihkan ke RSUD dr Achmad Diponegoro atau fasilitas kesehatan terdekat,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Nazaruddin di Putussibau, dilansir Antara, Jumat (30/1).

Nazaruddin menjelaskan, puskesmas untuk sementara ditutup karena ruangan dan kompleks puskesmas akan didisinfeksi dan petugasnya diperiksa kesehatannya. Dinas Kesehatan juga melakukan pelacakan riwayat kontak pada orang yang tertular Covid-19.

Menurut Nazaruddin, dokter Puskesmas Kecamatan Bika yang tertular Covid-19 pernah melakukan kontak erat dengan pasien yang meninggal dunia pada Rabu (21/10).

Hingga saat ini jumlah total warga yang tertular Covid-19 di Kapuas Hulu sebanyak 55 orang, 53 orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang masih menjalani isolasi mandiri.

Dia mengingatkan kembali warga untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. “Mari kita jaga bersama keselamatan dan kesehatan,” katanya. [ray]