Dorong Ekspor Produk Dalam Kampung, Bea Cukai Cari Daya Lewat Program CVC

Merdeka. com – Upaya memajukan perekonomian melalui dorongan ekspor kepada para pelaku usaha terus dikerjakan Bea Cukai. Dalam mematuhi upaya tersebut, Bea Tol aktif mengadakan diskusi serta mengunjungi para pelaku usaha untuk mencermati proses bisnis dan menelaah peluang bagi hasil produksi mereka buat dapat diekspor.

Kepala Seksi Hubungan Bangsa Bea Cukai, Sudiro membuktikan bahwa kegiatan customs visit customer merupakan upaya rutin Bea Cukai dalam mendekatkan diri kepada para pelaku usaha. “Lewat CVC, Harga Cukai berupaya untuk mengenalkan tugas dan fungsi ana, memberikan informasi terkait kepabeanan dan cukai, dan tak ketinggalan melakukan diskusi dengan para pelaku usaha, “.

Kegiatan CVC kali ini dilakukan sebab Bea Cukai Jogjakarta dengan mengunjungi CV Nusa Citra Mandiri. Perusahaan yang berharta di Sleman dan Bantul ini memproduksi sarung lengah golf yang sudah diekspor ke Korea dan Jepang.

Perusahaan dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 230 orang pegawai ini rutin melakukan ekspor. Terekam nilai devisa ekspor yang dihasilkan selama periode Januari-April 2021 mencapai 417. 130 USD atau sekitar Rp6 miliar.

Di wilayah Jawa Barat, Harga Cukai Bogor mengunjungi perusahaan penerima fasilitas cukai, PT Karsavicta Satya. Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa pelayanan dengan diterima dari Bea Bogor sudah sangat membalas dan tidak memiliki urusan maupun kendala.

Di wilayah timur Nusantara, Bea Cukai Ambon melaksanakan kegiatan CVC ke CV Karya Timber. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi kayu balsa tersebut, era ini masih mengirimkan produksinya ke PT Changzou Jiesen Indonesia sebelum dapat diekspor ke luar negeri. Harapannya CV Karya Timber bisa langsung melakukan ekspor.

Menanggapi hal itu Bea Cukai Ambon bakal berkoordinasi dengan instansi pemerintah lainnya di wilayah Ambon terkait pengurusan dokumen dengan dibutuhkan. Diharapkan adanya asistensi dengan pelaku usaha tersebut dapat meningkatkan angka ekspor langsung dari Maluku. [hhw]