Fadjroel: Masalah saat New Normal, Kesadaran Warga soal Corona dan Literasi Media

Merdeka. com – Ujung Bicara Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) Fadjroel Rachman, mengatakan ada dua urusan yang masih menjadi tantangan pada memasuki kehidupan ‘new normal’. Mula-mula mengenai pengetahuan kritis soal Covid-19 dan literasi media terhadap corona yang belum merata.

“Tim juru bicara juga melayani sejumlah riset apa saja dengan menjadi tantangan utama di pada menghadapi tantangan di dalam kenormalan baru, yang kami temukan tersedia dua hal. Pertama pengetahuan kronis soal kesadaran Covid-19, kedua literasi media terhadap Covid-19 yang belum merata, ” kata Fadjroeldalam agenda live Ruang Merdeka bersama langgas. com, Kamis (25/6).

Fadjroel menuturkan, bahwa Dirjen Penerapan dan Informatika Kementerian Komunikasi & Informatika, sampai bulan Juni kemarin menemukan hampir 845 info yang bersifat hoaks beredar di klub.

“Dari misalnya hati putih bisa menyembuhkan Covid-19, atau air garam bisa membersihkan Covid-19 dari tenggorokan atau ada penderita Covid-19 yang sekarang ada di tengah masyarakat misalnya gitu, ” ucapnya.

Dengan itu, Fadjroel berharap, media massa meningkatkan profesionalisme sesuai dengan imbauan Lembaga Pers. Media massa juga diharapkan bisa bersama-sama terlibat dalam upaya membentuk literasi.

“Jadi literasi media untuk keperluan para-para netizen, pada masyarakat, bahkan untuk media sendiri, ” kata Fadjroel. [ded]