Jokowi: Kita Harus Waspada Jangan Datang Terjadi Gelombang Kedua Covid

Merdeka. com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meminta agar seluruh pihak lestari waspada jangan sampai terjadi gelombang kedua. Dia juga berharap klub tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap aktivitas.

“Kita harus tetap hati-hati, tidak bisa lengah, dan kita harus disiplin menerapkan prokes, waspada agar tanpa sampai terjadi gelombang yang kedua, ” kata Jokowi dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2020, Kamis (3/12).

Dia mengutarakan jika tidak mematuhi protokol kesehatan akan merugikan upaya dan loyalitas yang sudah dilakukan selama sembilan bulan dilakukan. Jokowi pun meminta semua pihak untuk tetap pokok agar bisa terlepas dari pandemi Covid-19.

“Kita harus fokus untuk bergerak ke pendahuluan, fokus pada upaya-upaya untuk muncul dari pandemi. Mempersiapkan vaksin serta program vaksinasi dengan cermat agar kita bisa bangkit dan sehat dari pandemi, ” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Jokowi juga melihat adanya sinyal nyata dalam penanganan pandemi Covid-19. Terbukti per 3 Desember 2020, jumlah angka kasus aktif di Indonesia lebih rendah dibandingkan rata-rata dunia.

“Indonesia memiliki peristiwa aktif sebesar 12, 72 persen, sedangkan rata2 dunia 28, 04 persen, ” kata Jokowi.

Selanjutnya, angka kesembuhan pula semakin membaik kata Jokowi. Masa ini mencapai 84, 02 tip. “Lebih baik dari angka kesembuhan rata-rata dunia sebesar 69, 56 persen, ” ungkap Jokowi. [eko]