Jubir Sebut Satgas Fasilitas Publik Percepat Transisi Hidup Berdampingan dengan Covid

Merdeka. com berantakan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membentuk Satgas Prokes 3M Sarana Publik. Pembentukan Satgas itu berdasarkan Surat Edaran Nomor 19 Tahun 2021 mengenai Pembentukan dan Optimalisasi Satuan Tugas Protokol Kesehatan Mengindahkan Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan Fasilitas Publik Dalam Rangka Penanganan Pandemi Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas Pengerjaan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan Satgas Prokes 3M Fasilitas Publik hendak mengawasi pelaksanaan protokol pada ruang publik.

“Kita mengetahui bersama bahwa dengan modal kasus dengan cukup terkendali saat tersebut, pemerintah telah merelaksasi penyerasian di berbagai aktivitas khususnya di fasilitas publik sehingga perlu disikapi dengan implementasi protokol kesehatan ketat, ” katanya, Rabu (1/9).

Wiku menyebut, Satgas Prokes 3M Fasilitas Terbuka akan menjalankan tiga fungsi utama yaitu pencegahan, pembinaan, dan pendukung. Satgas tersebut akan memupuk rasa tanggung jawab dan mempercepat upaya pergantian hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Diharapkan cerita mengenai apa yang harus kita perhatikan dalam menyelenggarakan aktivitas dengan menyadari kebijakan terkini yang berlaku mampu memupuk rasa tanggung tanggungan kita untuk andil dalam mempercepat transisi hidup bergandengan dengan Covid-19, ” pungkasnya.

Satgas Prokes 3M Fasilitas Publik berangkat dibentuk dan berjalan efektif mulai hari ini, satu September 2021. Satgas ini melibatkan pengelola atau petugas pada fasilitas publik, afiliasi atau ikatan pengelola fasilitas publik, dan Satgas Covid-19 Daerah (Duta Perubahan Lagak atau Relawan).

Satgas Prokes 3M Kemudahan Publik dibentuk pada sebelas kelompok aktivitas masyarakat yaitu aktivitas ekonomi dan honorarium, aktivitas hiburan dan olahraga, aktivitas penyediaan akomodasi, & aktivitas pelayanan kesehatan. Lalu aktivitas transportasi, aktivitas kegiatan, aktivitas pendidikan, aktivitas baik, aktivitas penegakan hukum, aktivitas energi dan lingkungan, serta aktivitas keagamaan.

Dalam menjalankan fungsi, Satgas Prokes 3M Fasilitas Publik mengikuti Panduan Teknis Pendirian dan Operasional Satuan Suruhan Protokol Kesehatan 3M Kemudahan Publik. Pendanaan untuk kesibukan ini nantinya akan berpangkal dari swadaya, hibah, maupun bantuan resmi dari Negeri Daerah setempat atau Negeri Pusat. [ded]