Kemendagri Berharap Level PPKM dalam Semua Daerah Bisa Diturunkan

Merdeka. com – Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Bangsa (PPKM) di Jawa-Bali semenjak Selasa 10 Agustus 2021 hingga 16 Agustus 2021. Penerapannya di 26 wilayah turun dari level 4 ke level 3, bahkan 1 daerah berhasil mendarat ke level 2, di masa perpanjangan ini.

Daerah yang mendarat ke level 2 dalam pekan ini adalah kabupaten Sampang, Jawa Timur. Daerah yang dikenal dengan Kota Bahari menemani kabupaten Tasikmalaya yang sudah memberlakukan PPKM level 2 sejak minggu lalu.

Daerah yang turun level PPKM dianggap tidak berisiko tinggi dalam penyebaran Virus Covid-19.

Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Tata laksana Kewilayahan Kemendagri Suhajar Diantoro mengapresiasi daerah-daerah yang lulus mengendalikan penyebaran Covid-19, khususnya Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Untuk wilayah Jawa dan Bali, terjadi pemeriksaan. Di mana kabupaten/kota dengan sebelumnya di level 4, semakin berkurang. Level 4 yang sebelumnya 90 bertambah, Minggu ini tinggal 71 daerah, ” kata Suhajar dalam rapat Sosialisasi Komando Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang Pemberlakukan Pembatasan Kesibukan Masyarakat (PPKM), secara virtual, Selasa (10/8).

“Harapannya tentu semua daerah bisa turun level semuanya ke level yang lebih rendah, ” tambah Suhajar.

Namun, ia juga menyatakan masih perlu bekerja keras dan langgeng waspada setelah adanya perpanjangan masa berlaku PPKM itu. Penyesuaian pengaturan aktivitas serta mobilitas masyarakat, harus ditegakkan dan disesuaikan kondisi masing-masing daerah.

“Saya paham, teman-teman sudah capai, kondisinya memang berat. Akan tetapi kita harus tetap perdata. Tetap pada koridor cara yang sama dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan di umum, ” pungkasnya.

Sumber: Liputan6. com.
Reporter: Yopi Makdori. [yan]