Kepala Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh

Merdeka. com – Presiden Joko Widodo menganjurkan gelar kepahlawanan nasional kepada enam tokoh bangsa. Penganugerahan Gelar Satria Nasional 2020 digelar di Istana Negara, Selasa (10/11) pukul 10. 00 WIB.

Mengenai, tokoh yang mendapatkan gelar kepahlawanan nasional yakni Sultan Baabullah dibanding Provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat, Jenderal Pol Purn Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, merupakan Kapolri baru, domisili di DKI Jakarta , Arnold Mononutu sejak Provinsi Sulawesi Utara.

Kemudian Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara dan Raden Mattaher bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi. Penetapan keenam tokoh tersebut menjadi hero nasional didasarkan atas Keputusan Pemimpin No 117/TK/Tahun 2020 tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional.

Jokowi menyerahkan anugerah tersebut kepada ahli darah masing-masing tokoh yang telah berjasa bagi bangsa dan negara. Pra memberikan penghargaan, Jokowi terlebih awal memimpin upacara dengan mengheningkan membangun.

Diketahui gelar pahlawan nasional tersebut diberikan sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi tempat jasa yang luar biasa sezaman hidupnya. Yaitu pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan kesatuan bangsa. [fik]