Mampir ke Warung Mbak Lies Selat Melegenda Solo, Bak di Surga Keramik

Mandiri. com – Di tengah pesta kota Solo, jauh dibanding hingar bingar ramainya jalanan. Warung Mbak Lies berada di gang sempit tepatnya di Jl. Veteran, Jalan II No. 42, Serengan, Kota Surakarta. Meski letaknya berada di dalam jalan, namun tak sulit menemukan warung ini. Namanya dengan sudah tersohor, membuat Lepau Mbak Lies mudah ditemukan.

Jangan salah kira, letaknya yang beruang di gang tak membina warung ini sepi pembeli. Justru Warung Mbak Lies selalu ramai pengunjung. Ada sejak 1987, Warung Celah Mbak Lies menjadi lupa satu Selat Solo yang legendaris. Rasa dan tempatnya yang khas membuat Selat Solo Mbak Lies menjelma wisata kuliner favorit pelancong di tanah kelahiran Joko Widodo ini.

warung selat mbak lies solo

©2021 Merdeka. com/Fajar Cegak Prakoso

Datang ke warung ini, pengunjung akan dibuat takjub dengan interiornya yang cantik. Berbagai jenis keramik, guci, lukisan, dan piring-piring indah terpajang manis di lepau ini. Jumlahnya pun tak terhitung lagi. Rasanya semacam berada di surga keramik.

warung selat mbak lies solo

©2021 Lepas. com/Fajar Bagas Prakoso

Mbak Lies memang penggemar keramik, koleksi keramik yang ada di warungnya berusia lebih daripada 20 tahun dari berbagai negara seperti Taiwan, Thailand, Belanda, Perancis. Ia berniat menata koleksi keramiknya di warung ini. Dari yang berbentuk piring, tokoh ikonik, sepatu hingga hewan memenuhi setiap sudut ruangan Lepau Mbak Lies.

warung selat mbak lies solo

©2021 Merdeka. com/Fajar Kuat Prakoso

Sajian potongan daging, kentang, wortel, telur rebus, selada, kacang panjang. Dipadu secara saus khas berwarna coklat pekat yang manis. Warnanya yang cantik dan aroma harum sajian Selat Solo ini sukses membuat lambung terasa keroncongan.

Rasa manis asam yang khas membuat Selat Tunggal Mbak Lies membekas di ingatan. Ditambah dengan nuansa unik. Tak ayal, seringkali pengunjung merasa rindu ingin kembali mampir ke warung legendaris ini.

warung selat mbak lies solo

©2021 Merdeka. com/Fajar Kuat Prakoso

Untuk harga tak menetapkan khawatir, sajian di Warung Selat Mbak Lies santun di kantong. Harga di setiap menu per porsi kendati bervariasi, mulai dari Rp 11. 000 hingga Rp 21. 000.

Selain menyajikan Selat Solo, warung Selat Solo Mbak Lies ini juga menyediakan menu lain seperti campur, sup matahari, timlo ayam, tahu acar dan setup macaroni. Aneka minuman serupa siap menyegarkan tenggorokan, tersedia jus buah, es mabuk, es campur, es degan, es blewah dan beragam sajian es lainnya. [Tys]