Menahan Sengketa, Ma’ruf Amin Terlantas Percepatan Sertifikasi Tanah Derma

Langgas. com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong percepatan sertifikasi tanah wakaf untuk menghindari timbulnya sengketa ke depannya. Menurut laporan yang dia terima, data aset wakaf nasional menunjukkan, dari total tanah wakaf 397. 322 persil, baru 60, 22 persen atau sekitar 239. 279 persil tanah dengan sudah bersertifikat.

“Sedangkan 39, 78 persennya atau 158. 043 membersil masih belum bersertifikat, ” ujarnya dalam Rakornas Awak Wakaf Indonesia, Selasa (30/3).

Dia menjelaskan, tanah wakaf yang belum bersertifikat berpotensi menimbulkan sengketa baik dari ahli waris maupun pihak lain, & bahkan berubah statusnya menjadi bukan wakaf. Dia mengungkapkan sejumlah kendala sertifikasi desa wakaf yang dihadapi.

Pertama, minimnya pengetahuan nazhir tentang pengamanan aset wakaf. Kedua, prosedur sertifikasi yang masih dirasa menyusahkan dan ketiga, biaya sertifikasi yang harus dikeluarkan dan lain-lain. Oleh karenanya, Ma’ruf berharap Badan Wakaf Nusantara segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperbaiki peristiwa tersebut.

“Khusus mengenai biaya sertifikasi tanah wakaf, saya minta biar forum ini mengusulkan biar pemerintah memberikan pembebasan bea sebagaimana yang telah diterapkan oleh Kementerian ATR/BPN dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL), ” katanya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6. com [azz]