Mengaduk-aduk Truk Pengangkut Ambulans pada Tegal, Bea Cukai Temukan 224 Ribu Rokok Ilegal

Mandiri. com – Bea Cukai mengecewakan pengiriman ratusan ribu baur rokok ilegal di Gerbang Tol Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng). Pelaku mencoba mengelabui petugas dengan cara membawa rokok tanpa pita cukai itu memakai truk pengangkut ambulans rusak.

Kepala Bagian Penindakan dan Penyidikan Direktorat Jenderal Bea Cukai Wilayah Jateng-DIY Moch Arif Setijo Nugroho dalam siaran pers di Semarang, Minggu (25/7), mengatakan, pengungkapan itu bermula dari informasi tentang adanya truk pengangkut rokok tanpa pita cukai dari daerah Jawa Timur.

Petugas gabungan Bea Tol Jateng-DIY dan Bea Cukai Tegal kemudian melakukan penilikan di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. Dari penilikan itu, petugas kemudian menghentikan truk yang menjadi target di gebang tol Adiwerna.

“Petugas sempat ragu karena ternyata truk tersebut mengangkut sebuah mobil ambulans, ” kata Cerdas seperti dilansir Antara.

Namun petugas tentu melakukan penggeledahan. Mereka menemui 14 karton rokok ilegal yang disimpan di sela-sela ambulans yang diangkut truk itu. Total 224 seperseribu batang rokok berbagai merek tanpa pita cukai yang ditemukan.

Saat diperiksa, sopir truk berinisial RS mengaku tidak tahu jika ada rokok ilegal pada muatannya. Dia mengaku hanya mendapat pekerjaan membawa ambulans putih itu kembali ke Jakarta karena rusak setelah mengalami kecelakaan pada Madura.

Sebab pengungkapan itu, kata Cendekia, Bea Cukai menyelamatkan potensi kerugian negara hingga Rp150 juta. [yan]