Mengatur Sertijab Mutasi 8 Kapolda, Ini Pesan Kapolri Jenderal Idham Azis

Merdeka. com – Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara beri terima jabatan (sertijab) delapan kapolda di seluruh Indonesia. Termasuk besar kapolda yang dimutasi karena kerumunan massa di acara Rizieq Syihab.

“Pagi hari itu telah dilaksanakan serah terima lembaga terkait mutasi beberapa waktu semrawut, telah keluar TR Nomor 3222 pada tanggal 16 November 2020. Jadi hari ini diserahterimakan ada delapan jabatan kapolda, ” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (20/11).

Selain mutasi kapolda, sertijab juga dilakukan untuk tiga Koorsahli Kapolri, Kadiv Propam Polri, & Aslog Kapolri. Diketahui Brigjen Fredy Sambo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri menggantikan Irjen Igantius Sigit yang belum lama meninggal dunia karena sakit komplikasi. Sebelumnya dia menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri.

Awi mengatakan, Kapolri menodong para kapolda yang baru menjabat segera mempersiapkan personel untuk mengamankan jalannya Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

“Kapolri juga menekankan kepada para kapolda untuk memastikan seluruh anggota, buat menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, ” jelas dia.

Selain itu, lanju Awi, Kapolri juga menginstruksikan kesiapan personel dalam pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2021. Terlebih dalam situasi pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Bagaimana pun dalam situasi pandemi, tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita yang Nasrani merayakan Natal. Serta perayaan malam Tahun Baru & libur panjang, tentu menjadi preferensi pengamanan Polri. Kehadiran Polri banget dirasakan masyarakat dan diharapkan kapolda melakukan kegiatan yang menimbulkan empati, simpatik, ” Awi menandaskan.

Sebelumnya, Polri kembali melayani rotasi sejumlah jabatan. Ada delapan posisi Kapolda di seluruh Nusantara yang mengalami perubahan, salah satunya Irjen Fadil Imran yang didapuk menjadi Kapolda Metro Jaya.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengirimkan, pencopotan tersebut berdasarkan Surat Telegram (ST) Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020.

“Tentang pemberhentian dari dan pengangkatan di dalam jabatan di lingkungan Polri, ” tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Dalam ST tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dipindahtugaskan menjadi Koorsahli Kapolri. Tengah Irjen Fadil Imran yang sebelumnya Kapolda Jawa Timur, menempati situasi Kapolda Metro Jaya.

Posisi Kapolda Jawa Timur bakal diisi oleh Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan. Posisi Kapolda Kalimantan Selatan ditempati Irjen Rikwanto dengan sebelumnya Kapolda Maluku Utara.

Adapun jabatan Kapolda Maluku Utara akan diisi oleh Irjen Risyapudin Nursin yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

Kemudian, Kapolda Bali Irjen Petrus Golose dimutasi menjadi Pokok Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur. Posisi Kapolda Bali akan dijabat oleh Irjen Putu Jayan Danu Putra dengan sebelumnya menempati posisi Widyaiswara Pati Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya digantikan sebab Refdi Andri yang sebelumnya Koorsahli Kapolri.

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi mau menempati jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri. Posisi Kapolda Jawa Barat diisi oleh Irjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya Aslog Kapolri.

Kapolda Jambi Irjen Firman Shantyabudi beralih posisi jadi Aslog Kapolri. Jabatannya akan digantikan oleh Irjen Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya Widyaiswara Kepolisian Istimewa Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.

Reporter: Nanda Pertama Putra
Sumber: Liputan6. com [lia]