Negeri Selenggarakan Forum Industri Halal di Trade Expo Indonesia 2021

Merdeka. com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi membuka pameran dagang terbesar se-Asia Tenggara Trade Expo Indonesia ke-36 Virtual-Exhibition (TEI-VE) 2021 yang akan dilaksanakan pada 21 Oktober hingga 4 November 2021. Gelaran ini dibuka secara virtual dengan tema Reviving Global Trade.

“Kementerian Perdagangan membawa trade Expo Indonesia. TEI yang ke-36 ini secara digital atau digital Edition tahun 2021, dengan mengangkat tema besar Reviving Global Trade. Diharapkan kritik Nusantara Digital edition dapat menjelma bagian dari upaya menghidupkan kembali perdagangan Global yang tahu mengalami kelesuan akibat covid 19, ” kata Gajah Perdagangan Muhammad Lutfi di pembukaan TEI-VE 2021, Senin (26/9).

Tempat menjelaskan, rangkaian TEI tarikh ini akan menghadirkan trade forum Expedition, business matching, business forum, bisnis konseling serta Prima Arta serta Primaduta Award.

Adapun yang membedakan pengamalan TEI ke-36 tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 merupakan kemudahan dan kenyamanan dengan diberikan melalui platform interaktif baru dalam format e-katalog, seperti halnya pameran dagang besar internasional di Jerman dan sebagainya serta negara maju lainnya.

“Sehingga kegiatan interaksi kurun seller dan buyer berjalan lebih efisien dan bertambah efektif, ” imbuhnya.

Dalam rangkaian TEI ke-36 ini, Kemendag pula akan mengundang Menteri Perniagaan dari negara sahabat di Singapura dan Filipina, penasihat jenderal WTO, dan juga management World Bank yang akan diagendakan hadir dalam forum ini.

“Selain itu salah kepala hal berbeda yang saya sangat bangga kan pada TEI tahun ini buat pertama kalinya akan diselenggarakan forum khusus terkait pabrik halal yaitu halal trade forum, dengan berkolaborasi secara Indonesian fashion Chamber juga karena menyelenggarakan Muslim fashion festival dengan rangkaian Kesibukan muslim Fashion Show dan juga Talk Show, ” ujarnya.

Situasi tersebut dilakukan dengan jalan nyata untuk mewujudkan Nusantara sebagai pusat industri keluaran halal dunia, serta menjelma kiblat industri fashion muslim dunia.

“Kami juga berharap penyelenggaraan trade expo Indonesia selalu menjadi agenda rutin dan pokok bagi seluruh buyer dalam mancanegara untuk mencari keluaran Indonesia dan partner distributor yang tepat, ” ujarnya.

Dia selalu berharap trade Expo Nusantara menjadi salah satu pameran B to B terbesar dalam wilayah Asia yang selalu dinantikan.

“Semoga penyelenggaraan TEI ke-36 Digital Edition tahun 2021 berkecukupan berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan ekspor Indonesia untuk baik dalam jangka kompak maupun dengan jangka panjang, ” pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6. com [azz]