Pemerintah Segera Serahkan RUU Pokok Kota Negara Baru ke DPR

Merdeka. com – Pemerintah di waktu dekat akan menganjurkan Rancangan Undang Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Molornya perampungan RUU IKN tersebut karena harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Juru cakap presiden, Fadjroel Rahman mengucapkan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) telah menyampaikan kepada sebanyak petinggi partai politik terpaut pengajuan RUU IKN ke DPR. Fadjroel menjelaskan status pandemi sehingga perlu habituasi.

“Presiden memberikan kepada petinggi parpol, bahwa dalam waktu dekat hendak mengajukan RUU dalam situasi ibu kota negara ke DPR. Itu tahapan kudu dilalui, itu yang perdana, ” kata Fadjroel di Mal Phinisi Point (Pipo) Makassar , Minggu (29/8) malam.

Untuk pembangunan IKN, Fadjroel menegaskan sampai zaman ini belum dilakukan. Walaupun demikian, kata Fadjroel, hanya pembangunan infrastruktur penunjang dengan berjalan.

“Untuk sementara pembangunannya langsung di dalam IKN itu belum ada kegiatan, yang ada cuma infrastruktur penunjang. Misalnya kemarin presiden meresmikan pungutan dari Balikpapan ke Samarinda panjangnya sekitar 9 kilometer, ” bebernya.

Selain peresmian tol mula-mula di Kalimantan, juga penyelesaian pembangunan Jembatan Balang yang berada di Balikpapan. Fadjroel juga mengungkapkan dalam periode dekat Jokowi juga hendak mengeluarkan Surat Presiden (Surpres) tentang IKN.

“Tentunya Surpres itu nanti akan menjelaskan dan menyampaikan kepada DPR terkait RUU IKN, ” ucapnya. [cob]