Pemprov DKI Bakal Ubah Taman Tebet Jadi Eco Garden

Merdeka. com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan bertahap melakukan revitalisasi taman tanah air di ibu kota. Salah mulia taman yang akan ditingkatkan kualitasnya adalah Taman Tebet, Jakarta Selatan.

Dikutip melalui akun instagram @aniesbaswedan, Taman Tebet akan diupgrade menjadi taman Tebet Eco Garden. Untuk mengubah menjadi eco garden, langkah yang akan dilakukan Pemprov adalah membuat infinity connecting bridge. Fungsinya, untuk menyatukan Rajin Tebet Utara & Taman Tebet Selatan yang selama ini terpisah Jalan Tebet Raya.

“Jembatan ini bakal menyatukan acara taman, manjakan pejalan kaki dan pesepeda, ” demikian unggahan Anies yang dikutip pada Kamis (22/10).

Pemprov DKI juga akan menjadikan Taman Tebet Eco Garden, taman yang memiliki pandangan mengembalikan fungsi taman secara ekologi, menjadi sarana interaksi, edukasi, & rekreasi bagi masyarakat DKI Jakarta.

Kemudian, sungai sepanjang taman akan dinaturalisasi dengan pelebaran dan perubahan profil tanggul, biar siapa tahu kolam retensi saat hujan.

“Pohon yang tak sehat akan diganti. Naturalisasi hendak menyesuaikan dengan kondisi vegetasi yang ada. ”

Di taman itu, Pemprov DKI pula menyediakan fasilitas baru seperti jogging track, plaza, sentra makanan, rajin tematik, taman bibit yang diperuntukkan oleh komunitas bertanam, dan taman bermain anak.

Belakang, konsep taman bermain anak dalam sana menggunakan inspirasi hewan-hewan pada habitat rawa, seperti meluncur bagai ular, melompat bagai katak, dan memanjat bak tupai. [fik]