Penjaga Masih Periksa Ratius Murib Diduga Penyuplai Senjata ke KKB

Merdeka. com – Direktorat Kriminal Umum Polda Papua sedang melakukan pemeriksaan terhadap Ratius Murib alias Nelson Murib. Ratius Murib diduga karakter penyuplai senjata ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

“Kita sokong kesempatan penyidik untuk dalami kasusnya, ” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada merdeka. com, Sabtu (20/6)

Ratius ditangkap di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya. Saat ditangkap, petugas mengamankan uang Rp370 juta. Diduga untuk mengaduk-aduk senjata api dan amunisi KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Disinggung perkara asal muasal uang yang diduga untuk membeli senjata, Polisi belum memberikan informasi.

“Masih dikembangkan, dan akan kita release setelah laksanakan perkembangan kejadian hasil gelar, ” katanya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyebutkan Ratius Murib pedengan NM (26) yang ditangkap di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya adalah pencari senjata api dan amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen.

“RM sudah mengaku kepada penyidik, termasuk aliran dana yang diperoleh untuk membeli senpi dan amunisi, ” katanya, Selasa (15/6).

Interpretasi terjadi saat Ratius hendak melanjutkan perjalanannya ke Timika dengan menggunakan pesawat. Dari laporan yang diterima, Ratius hendak menggunakan pesawat Besar Air terbang dari Nabire ke Timika, Senin (14/6) dengan rute Nabire-Mulia (Puncak Jaya)-Timika.

Namun, sesampainya di Mulia, Senin (14/6), pesawat mengalami usikan sehingga pada hari Selasa (15/6) baru melanjutkan penerbangan.

“Pada masa itulah salah seorang anggota KP3 Bandara Mulia keahlian keberadaan yang bersangkutan, kemudian melaporkan, lalu aparat menangkap RM, ” kata Fakhiri.

Ketika ditanya tentang asal uang dengan diamankan bersama RM, Kapolda Papua mengatakan bahwa RM mendapat uang tersebut daripada seseorang yang saat tersebut masih didalami penyidik.

“Terkait dengan deraian dana yang dipegang RM masih dalam penyelidikan. Jalan selanjutnya akan diinfokan lagi, ” katanya.

Ratius diamankan bersama barang bukti berupa uang sebesar Rp370 juta, tiga pokok handphone, dan berbagai barang bukti lainnya, termasuk notes. [noe]