Penjelasan Wagub Riza Patria Soal Tingginya Penambahan Kasus Positif Covid-19 di DKI

Merdeka. com – Penambahan kasus Covid-19 di Jakarta terus meroket pada Desember 2020. Pada Sabtu (26/12), kasus positif di DKI tembus 2. 000 orang mulai hari. Pada Minggu (27/12), Jakarta tercatat menambah 1997 kasus hangat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjelaskan, lonjakan kasus disebabkan meningkatnya jumlah pelacakan dan tes.

“Memang beberapa hari terakhir ini terjadi peningkatan, sebetulnya disebabkan dengan pertama seperti yang sering ana sampaikan DKI Jakarta itu selalu meningkatkan tes PCR, ” cakap Riza Patria di Polda Metro Jaya, Minggu (27/12).

Riza menyebut ratio testing PCR Jakarta sangat tinggi. Bahkan jauh di atas dari standar WHO. “Angka tes PCR DKI sudah 8 bahkan 9 kali sepekan itu Dalam standar yang disarankan oleh WHO, ” ucapnya.

Selain itu, Riza membicarakan penyebab lain lonjakan kasus merupakan adanya akumulasi data spesimen sebab Rumah Sakit dan Laboratorium preman yang terlambat dilaporkan.

“Juga disebabkan karena akumulasi dibanding penjumlahan data PCR beberapa hari sebelumnya dari beberapa rumah melempem yang memang belum dimasukkan atau terlambat, ” ujar Ariza.

Penyebab yang lain adalah libur panjang dan munculnya klaster keluarga.

“Juga tersedia penambahan disebabkan oleh libur serta lain sebagainya untuk itu beta terus meminta kepada masyarakat dalam hari libur panjang ini buat tetap berada di rumah, ” ucapnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6. com [noe]