Pilkada Jember: Si Jilbab Merah, Eks Pejabat Kemenhub & Ritual Cuci Kaki Ibu

Merdeka. com – Tiga calon tumenggung (cabup) Jember menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak 2020 yang digelar hari Rabu (9/12) ini.

Cabup nomor runtut 01 yang juga kandidat petahana, dr Faida memilih di TPS 04 di Perumahan Gunung Kotor, Kecamatan Sumbersari, Jember. Didampingi suami, ibu kandung serta putra sulungnya, Faida datang di TPS sekitar pukul 09. 30 WIB.

Faida datang dengan baju gamis hitam dipadu jilbab merah. “Saya senang warna merah, & juga sudah identik dengan jiwa jilbab merah. Saya juga ngerasa cantik pakai baju seperti tersebut, ” ujar Faida sembari senyum.



Sebelum menggunakan sah pilihnya, Faida mengaku lebih zaman meminta restu kepada suami serta ibu kandungnya. Ia juga ngerasa optimis kembali terpilih. “Saya minta restu keluarga agar diberi kekuatan jika terpilih, ” papar alumnus FK Unair ini.

Optimisme juga diusung cabup nomor urut 02, Hendy Siswanto yang menggunakan hak pilihnya di TPS 22, Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.

Hendy mengaku memperhatikan survei yang dirilis salah satu lembaga, dengan menempatkan dirinya selisih tipis lantaran petahana. “Ya, survei itu kan ilmiah. Tapi kita, seluruh relawan sudah bekerja keras. Target kita 70 persen, tapi yang istimewa kita sudah berusaha, ” membentangkan mantan pejabat eselon II dalam Kementerian Perhubungan ini.

tiga cabup memilih di pilkada jember

©2020 Istimewa

Bergandengan istri, kakak, adik, anak, menantu dan keponakan, Hendy kompak mengenakan busana serba putih. Sebagai masyarakat asli kampung setempat, Hendy mengiakan sudah sering memilih di dukuh yang berada di dekat rekan induk, Pasar Tanjung ini.

“Tetapi hari ini berbeda, hari yang bersejarah. Saya menjelma kandidat di dalamnya. Bismillah, insyaallah kita siap memberikan yang unggul untuk warga Jember, ” perkataan pria yang kini fokus menjadi pengusaha ini.

Suasana haru, kental terasa saat Cabup nomor urut 03, Abdussalam hendak berangkat memilih. Sebelum berangkat ke TPS 04 di Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang, Salam, menjalani ritual mencuci kaki ibundanya dengan minuman kembang. Setelah itu, Salam mengepel mukanya serta meminum air bekas cuci kaki ibunya.

“Bagi saya, doa ibu sangat penting, yang untuk kita menyerbu langit, ” ujar Salam seraya menahan tangis haru.

tiga cabup memilih di pilkada jember

©2020 Istimewa

Sesudah mencuci kaki ibunya, Salam yang berlatar belakang pengusaha properti itu berangkat ke TPS bersama hidup, anak dan anggota keluarga lainnya. 

Dari tiga pasang cabup-cawabup, hanya cawabup nomor urut 03, Ifan Ariadna Wijaya yang tidak mengambil. Ifan tercatat ber-KTP Bekasi.

KPU Jember mencatat, sebanyak 1. 825. 386 warga Jember terdaftar memiliki hak pilih dalam Pilkada Jember 2020. 



 [rnd]