Rencana Pemkot Bengkulu Atasi Sampah dalam Drainase dengan Program Tebar 1 Juta Ikan Lele

Merdeka. com awut-awutan Pemkot Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bengkulu memiliki program unik. Yakni menebar 1 juta baka ikan lele di 43 titik drainase yang ada di Praja Bengkulu.

Mengawali agenda tebar benih ikan lele itu, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan melepas 6000 benih ikan lele di setiap drainase. Bahkan Pemangku Kota Helmi Hasan melepas tunggal 6000 benih lele tersebut pada Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Gede, pada Jumat (20/09/2019) lalu.

Penyebaran 6000 benih ikan lele ini adalah langkah Pemkot Bengkulu mengatasi permasalahan sampah dalam Kota Bengkulu terutama di gelom1 drainase. Menurut data yang dihimpun tahun 2019, gambaran sampah dengan timbul di Kota Bengkulu dengan jumlah penduduk 417. 918 jiwa, sampah yang timbul 1. 044, 80 M3/harinya.

Secara jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuang akhir (TPA) 225, 40 M3/hari dan jumlah kotor yang diolah atau tinggal pada masyarakat 819, 40 m3/hari. Artinya persentase yang dikelola oleh Negeri di TPA hanya 21, 57 persen saja.

“Ini merupakan upaya pemerintah dalam menangani permasalahan sampah yang ada di Kota Bengkulu. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk bertanggung berat menjaga kebersihan lingkungan agar benih-benih Ikan yang telah kita sebarkan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, ” ungkap Helmi Hasan.

©2020 Merdeka. com

Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye Pemerintah Kota Tangan untuk membersihkan dan memanfaatkan Tepi dan Drainase agar sampah pada Kota Bengkulu bisa teratasi dengan membudidayakan ikan lele.

“Ini adalah bentuk kampanye kita membersihkan Siring dan Drainase daripada sampah, dan memanfaatkannya menjadi tanah untuk menebar benih Ikan Lele. Lebih baik kita panen ikan lele dari pada panen kotor, ” kata Helmi Hasan kurun itu.

Kepala Jawatan Kelautan dan Perikanan (DKP), Syafriandi juga menerangkan bahwa penebaran 6000 bibit lele ini adalah sikap awal dari program satu juta ikan untuk Kota Bengkulu. “Pelepasan benih Ikan ini merupakan langkah awal program satu juta Ikan untuk Kota Bengkulu dalam kerangka mewujudkan harapan Pemerintah Kota Bengkulu agar masyarakat Kota Bengkulu getol mengonsumsi ikan, dan Kota Tangan terbebas dari sampah, ” benar Syafriandi. [hhw]