Riza Patria: PPKM Darurat Diberlakukan Dua Minggu dan Ada Pengetatan di Banyak Zona

Lepas. com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Ibu Kota mau melaksanakan PPKM Mikro Darurat dalam waktu dekat. Menurut dia, pelaksanaan PPKM Mikro Penting itu tinggal menunggu pemberitahuan dari pemerintah pusat.

“Akan diberlakukan PPKM Darurat untuk dua minggu ke depan. Dimulainya akan segera diumumkan dalam waktu satu atau dua hari ke depan, ” kata Riza di Balai Tanah air, Jakarta Pusat, Rabu (30/6).

Politikus Gerindra ini meminta masyarakat buat bersabar terkait detail pengoperasian PPKM Mikro Darurat tersebut. Dalam pelaksanaan PPKM Mikro Darurat itu nantinya bakal dilakukan beberapa pengetatan.

“Mari kita menduduki keputusan persisnya substansi dibanding pada materi PPKM Penting yang pasti memang ada pengetatan di banyak sektor atau aspek atau bidang kapasitas yang sebelumnya, ” ucap dia.

Dia melanjutkan, Pemprov DKI akan melaksanakan kebijakan apapun yang telah ditetapkan sebab pemerintah pusat.

“Kami prinsipnya di DKI Jakarta akan melaksanakan secara sungguh-sungguh dan tanggung pikiran kebijakan keputusan yang akan diambil nantinya terkait PPKM darurat, ” ujar dia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo nama lain Jokowi mengatakan, pemerintah sedang memfinalisasi rencana kebijakan PPKM Darurat. Kebijakan itu diambil seiring lonjakan kasus Covid-19 yang sangat tinggi dalam Pulau Jawa dan Bali.

Tidak hanya itu, Menteri Koordinator Dunia Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengusulkan sejumlah aturan di pelaksanaan PPKM Darurat.

“Iya benar itu usulan dari saya, ” kata Juru Kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, kepada merdeka. com, Rabu (30/6).

Jodi enggan membeberkan kapan peraturan PPKM Darurat tersebut hendak dirilis. Sebab, kata dia, keputusan tersebut ada dalam tangan Presiden Jokowi.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6. com [gil]