Rusun Nagrak dan Pasar Suket Kosong Pasien Covid, Wagub Minta Tetap Disiplin Prokes

Langgas. com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan rumah susun (rusun) di Ibu Kota yang digunakan untuk tempat isolasi pasien Covid-19 telah dikosongkan.

Dia menodong masyarakat tetap waspada & tidak kendor dalam protokol kesehatan meskipun keadaan tiba membaik.

“Sejauh ini kita tetap siaga, kita bersyukur tapi tidak boleh kendor, tidak bisa euforia, terus waspada & tingkatkan untuk kendalikan covid, ” kata Riza di Balai Kota, Jakarta Induk, Rabu (1/9/2021).

Lanjut Riza, meskipun sudah kosong Rusun Pasar Rumput dan Nagrak Cilincing belum akan dipergunakan untuk masa dekat. Sebab dua kedudukan tersebut untuk sementara zaman diperuntukkan dalam penanganan Covid-19.

“Itu membentuk tempat yang sudah disiapkan stand by untuk kepentingan-kepentingan seperti isoman, seperti Rumah Atlet dan lain-lainnya, ” paparnya.

Sementara itu, politikus Gerindra tersebut menyatakan keterisian tempat terbaring isolasi di RS rujukan terus menunjukkan penurunan.

“BOR sudah mencapai 15 persen, ICU telah 34 persen, jadi kerja sama seluruh pihak dan kita terus melaksanakan meningkatkan tes PCR, angka kematian juga turun, angka kesembuhan naik di 97, enam persen, ” jelas dia.

Sebelumnya, Vila Susun (Rusun) Nagrak dan Pasar Rumput yang adalah lokasi isolasi bagi pasien COVID-19 telah dikosongkan sejak 30 Agustus 2021 & kini statusnya hanya disiagakan.

“Tidak ditutup, tapi dikosongkan karena pasiennya sudah tidak ada, ” kata Kabag Humas RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Mintoro Sumego saat dihubungi di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Era ini, kata Mintoro, untuk sementara di dua kedudukan tersebut tidak ada teristimewa perawatan pada pasien COVID-19. Jika ada pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan mampu langsung mendatangi Wisma Olahragawan Kemayoran.

“Tenaga kesehatan di sana selalu sudah digeser semuanya ke Wisma Atlet, ” cakap Mintoro.

Keterisian ruang perawatan di Rumah Atlet Kemayoran juga sudah menurun menjadi hanya kira-kira 1. 055 tempat tidur terisi atau 13 upah dari kapasitas total.

Sumber: Liputan6. com
Reporter: ika defianti [ded]