Seorang Pekerja Tambang di Konawe Mati Terlindas Truk yang Dikemudikan TKA China

Merdeka. com – Seorang pekerja tambang di Konawe, sulawesi tenggara tewas terlindas truk dengan dikemudikan tenaga kerja asing (TKA) China di depan bengkel mobil, Sabtu (18/7). Korban bernama Yusran, warga Desa Amosilu Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe.

Pelaku diketahui bernama Mister Lee. Informasinya, TKA China tersebut merupakan pengelola di lokasi Workshop tempat target sehari-hari bekerja.

Kejadian bermula saat korban diminta membenarkan truk 10 roda. Kerusakan pada bawah truk menyebabkan korban yang bertugas sebagai montir harus menggeletak atau merunduk di bawah truk.

Salah seorang pekerja di lokasi kejadian, Keken (24) menceritakan, saat itu korban sedangkan terlentang di bawah truk. Tiba-tiba, saat yang sama, sopir mendalam dalam ruang kemudi dan menyalakan mobil.

Diduga, truk belum selesai diperbaiki oleh target, namun truk sudah dijalankan TKA China. Hal ini tampak pada foto yang beredar, korban sedang memegang dua jenis kunci pembuka baut.

“Dia tengah kerja, lengkap dengan kunci-kunci. Tiba-tiba truk menyala, mundur satu kala kemudian maju satu kali, ” ujar Keken. Dikutip dari Liputan6. com.

Akibatnya, objek yang berada di bawah truk langsung terlindas, kemudian tewas seketika. Setelah itu, pekerja lainnya berteriak menghentikan sopir truk yang belum menyadari kondisi korban.

Kasat Reskrim Polres Konawe Iptu Husni Abda menjelaskan pelaku sudah ditahan di polres. Pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi yang berkecukupan di lokasi.

“Statusnya masih diamankan, ” ujar Husni Abda.

Dia melegalkan, TKA China tersebut mengemudikan mobil saat korban masih bekerja. Husni menambahkan, sepertinya terjadi miskomunikasi zaman itu.

“Entah miskomunikasi atau seperti apa kami masih periksa ini. TKA China ini didampingi penerjemah, ” ujarnya.

Terkait kasus ini, bagian perusahaan sudah berusaha dihubungi via telepon seluler dan pesan pendek. Namun, belum memberikan klarifikasi soal kecelakaan yang melibatkan dua pelaku. [cob]