Wali Kota: Kesadaran Masyarakat Cirebon Memakai Masker Masih Rendah

Merdeka. com – Wali Kota Cirebon, Jawa Barat Nasrudin Azis mengatakan, kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan masih lembut. Ini terbukti saat dia melayani inspeksi mendadak (sidak) di kurang tempat.

“Kesadaran umum menggunakan masker masih sangat rendah, ” katanya di Cirebon, Kamis (3/9).

Dia melahirkan, dari hasil inspeksi di kira-kira ruas jalan yang memang menjadi pusat perekonomian di Kota Cirebon, masih banyak masyarakat tidak memakai masker.

Untuk itu, pihaknya langsung menegur mereka biar bisa selalu menggunakan masker pertama ketika berada di luar rumah.

Karena penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, kata Azis, masih terus menunjukkan tren peningkatan. Untuk itu dia mengajak seluruh masyarakat bisa kembali menerapkan aturan kesehatan dengan memakai masker serta rajin cuci tangan.

“Saat ini jumlah warga yang positif Covid-19 di Kota Cirebon terus meningkat, namun masyarakat masih abai menggunakan masker, ” terangnya seperti dilansir dari Antara.

Pihaknya masih melakukan sosialisasi terkait penggunaan masker dan nantinya setelah peraturan penggunaan masker tersebut sudah jadi, maka akan menerapkan sanksi.

Untuk sidak kali ini, ia hanya menyerahkan teguran kepada warga yang beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker.

“Kami menegur dan mencatat serta kami kasih masker, tapi ke depan akan kami berikan sanksi, ” menutup Azis. [fik]